Asking For Repetition Dalam Bahasa Inggris dan Penggunaannya

10

Asking For Repetition Dalam Bahasa Inggris dan Penggunaannya

Kampung Inggris – Saat melakukan interaksi dengan orang lain misalnya ketika mengobrol atau menyimak penjelasan, tentu tidak semuanya langsung dapat kita pahami. Pada beberapa kasus, seringkali ada beberapa kata yang terlewat, sehingga membuat kita gagal dalam memahami maksud dari ucapan tersebut. Dalam situasi ini, disarankan bagi kamu untuk meminta mereka mengulangi apa yang mereka ucapkan tadi.

Baca juga : Daily Conversation Saat Mau Liburan Akhir Tahun !!

Dalam bahasa Inggris, meminta pengulangan ucapan disebut dengan asking for repetition expression. Ketika kamu meminta seseorang untuk mengulangi ucapan, tentu harus disampaikan dengan cara yang sopan agar tidak menyinggung perasaan orang lain. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mempelajari contoh kalimat asking for repetition yang akan dibahas dalam artikel edisi kali ini. Stay tune!

Pengertian Asking for Repetition Expression

Fyi, asking for repetition adalah sebuah ekspresi atau ungkapan dalam bahasa Inggris yang bertujuan untuk meminta seseorang untuk mengulang ucapannya kembali. Sesuai dengan namanya yaitu repetition diambil dari kata “repeat” (verb 1) yang berarti mengulang, atau “repetition” (noun) yang berarti pengulangan.

Ketika kamu sedang mengikuti pelajaran di kelas, dan guru sedang menjelaskan terkait materi. Ada teman kamu yang mengangkat tangan dan meminta guru untuk mengulangi penjelasan tadi. Maka, saat itu teman kamu menggunakan ungkapan asking for repetition expression.

Contoh kalimat asking for repetition tidak hanya bisa digunakan untuk guru saja, melainkan bisa juga digunakan dalam percakapan sehari-hari. Misalnya, saat kamu tidak mendengar dengan baik apa yang diucapkan oleh temanmu. Di Indonesia, mungkin kamu sudah sangat sering mendengar beberapa kata seperti “Ngga denger”, “Hah?”, “Apa?”, “Ngomong apa tadi?”. Ternyata, Bahasa Inggris juga demikian lho guys!

Asking For Repetition Dalam Bahasa Inggris dan Penggunaannya

Contoh Asking for Repetition Expression yang Biasa Digunakan

Seperti yang telah dijelaskan tadi, asking for repetition adalah ungkapan bahasa Inggris bisa memuat verb, slang, maupun noun yang digunakan untuk meminta orang lain mengulangi ucapannya. Beberapa ungkapan yang biasa digunakan antara lain:

  • What? (Apa?)
  • Huh? (Hah?)
  • Pardon? (Maaf?)
  • What was that? (Apa itu tadi?)
  • Can you say that again? (Dapatkah kamu mengatakannya lagi?)
  • Again, please. (Ulangi, tolong.)
  • What did you say? (Apa yang kamu katakan?)
  • Sorry, I can not hear you (maaf, aku tidak dapat mendengarmu).
  • Speak louder, please! (tolong bicara lebih keras)
  • Say that again (katakan lagi).
  • Would you mind say that again? (Apakah kamu tidak keberatan untuk mengatakannya sekali lagi?)
  • Would you mind repeat that? (Apakah kamu tidak keberatan untuk mengulanginya sekali lagi?)
  • I’m sorry, but what did you say about..? (Maafkan saya, tapi apa yang ingin kamu katakan?)
  • Sorry, but i’m not sure i’m following you (maaf, aku tidak yakin aku mengikuti penjelasanmu).
  • I beg your pardon but I don’t quite understand (aku minta maaf tetapi aku tidak benar-benar mengerti).
  • I wonder if you could say that in a different way (apakah kamu bisa menjelaskannya dengan cara yang berbeda?)
  • Do you think you could repeat the part about (*study materials, etc) once again please? (Dapatkah kamu mengulangi bagian tentang (*materi pelajaran, dll) sekali lagi?)

Setelah melihat daftar di atas, tentu kamu sudah memahami apa saja ungkapan dalam Bahasa Inggris yang merupakan asking for repetition expression. Sekarang, kamu tinggal memahami contoh kalimat asking for repetition agar bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga : Cara Cepat Belajar Tenses No Ribet No Ruwet !!

Contoh Kalimat Asking for Repetition Expression dalam Berbagai Kegiatan

Agar kamu semakin paham tentang ungkapan asking for repetition, maka kamu harus memahami cara penggunaannya. Berikut ini adalah contoh asking for repetition beserta artinya yang kami sajikan dalam bentuk dialog atau percakapan.

1. Contoh Dialog Asking for Repetition 2 Orang

Erika: It feels like we’ve just been in this University. (Ini terasa seperti kita baru saja berada di Universitas ini.)
Desy: Yes, it feels like that. Why? (Iya, terasa seperti itu. Kenapa?)
Erika: Because here we can help each other. (Karena di sini kita bisa membantu satu sama lain.)
Desy: Of course, my room and yours are not that far away. (Tentu saja, kamarku dan kamarmu tidak terlalu jauh.)
Erika: All right, can I save your number? (Baiklah, bolehkah aku menyimpan nomor ponselmu?)
Desy: Sure, note this is 081345678990. (Tentu, catat ini 081345678990).
Erika: Can you repeat it again? (Bisakah kamu mengulanginya lagi?)
Desy: (*mention the number one by one) (*menyebutkan nomor satu persatu)
Erika: Okay, I’ll call you to check if the number is correct. (Oke, Aku akan menelponmu untuk mengecek apakah nomornya sudah benar.)
Desy: Oh, what’s this number? (Oh, apakah nomor yang ini?)
Erika: Exactly! (Tepat sekali!)

Pada dialog di atas bisa kita lihat ekspresi asking for repetition ada pada kalimat “can you repeat It again?” Hal ini berarti, kamu bisa menggunakan bentuk ungkapan tersebut dengan tujuan meminta temanmu untuk mengulangi ucapannya lagi.

Asking For Repetition Dalam Bahasa Inggris dan Penggunaannya

2. Contoh Dialog Asking for Repetition Expression

Secretary: Sir, I would like to remind you that you have a meeting with clients after lunch. (Pak, Saya ingin mengingatkan anda bahwa anda memiliki agenda meeting dengan klien setelah makan siang.)
Director: Sorry, I can’t hear you, can you say it again? (Maaf, saya tidak bisa mendengar kamu, bisa kamu mengatakannya lagi?)
Secretary: You have a meeting agenda with clients after lunch. (Anda memiliki agenda meeting dengan klien setelah makan siang.)
Director: Oh, all right. I remember now. Thank you for reminding. (Ah, baiklah. Saya ingat sekarang. Terimakasih sudah mengingatkan.)

3. Contoh Kalimat Asking for Repetition Expression di Sekolah

Teacher: So far, is there anyone who doesn’t understand what I explained earlier? (Sejauh ini, apakah masih ada yang belum paham dengan penjelasan saya tadi?)
Student: I can understand today’s material, sir. But, would you mind to explain your lesson yesterday about use of verb 3 in a sentence? (Saya bisa mengerti materi hari ini, Pak. Tapi, apakah anda berkenan menjelaskan pelajaran Anda kemarin tentang penggunaan kata kerja 3 dalam sebuah kalimat?)
Teacher: Of course, any more questions? (Tentu saja, adakah pertanyaan lagi?)
Student 2: Sir, can you explain again the purpose of question number 2? (Pak, bisakah anda menjelaskan kembali maksud dari pertanyaan nomor 2?)
Teacher: Well, first I will answer the 2 questions earlier. If anyone wants to ask again, you can ask after this. Okay?
Students: Okay, Sir! (Oke, Pak!)

Penutup

Finally, demikian informasi yang bisa kami bagikan untuk kamu mengenai materi asking for repetition expression yang biasa digunakan untuk meminta orang lain mengulang ucapannya kembali. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kamu semua seputar bahasa Inggris. Thank you everyone!!

Leave A Reply

Your email address will not be published.