Verbal VS Nominal, Cari Perbedaannya Yuk !!

15

Verbal VS Nominal, Cari Perbedaannya Yuk !!

Kampung Inggris – Hello my friends, mungkin teman teman yang sedang baca artikel ini ada yang berfikir kalau belajar bahasa Inggris yang terpenting adalah speaking skill untuk waktu kali pertama teman teman belajar. Benar kan?. Tetapi semua itu akan berubah ketika kita sudah mulai memahami bahasa Inggris itu lebih mendalam dari sebelumnya, dan kita akan mempunyai persepsi yang berbeda bahwa speaking ternyata juga butuh grammar, at least grammar dasar lah. Ya kan? . Nah, dalam kesempatan ini saya akan share tentang grammar dasar yang di gunakan dalam speaking kita sehar hari, yaitu pengaplikasian verbal dan nominal sentence dalam speaking kita sehari hari.

Baca juga : Cara Cepat Belajar Tenses No Ribet No Ruwet !!

Sebelum kita bahas secara detail apa itu verbal dan nominal sentence dalam bahasa Inggris, saya akan share apa sebenarnya pentingnya grammar dalam speaking dan writing skill dalam bahasa inggris itu sendiri.

Pertama, pentingnya grammar dalam writing, sudah tidak kita ragukan lagi kalau yang namanya writing skill kita pasti membutuhkan grammar atau aturan susunan kalimat yang benar. Hal ini di karenakan ketika kita menulis sudah di pastikan harus mengikuti rumus atau formula yang benar dan waktu yang benar agar membentuk pemahaman yang utuh dan tidak ada kesalahan persepsi antara reader dan writer. Kedua, pentingnya grammar dalam speaking kita sehari hari.

Nah, permasalahan yang satu ini yang harus kita teliti lebih dalam lagi seharusnya, karena speaking yang kita gunakan dalam conversation sehari hari itu justru butuh yang namanya grammar yang benar. Meskipun banyak yang bilang ketika belajar speaking dalam bahasa inggris tidak perlu yang namannya grammar. Padahal menurut saya belajar speaking tanpa mengetahui grammar itu adalah hal yang kurang benar.

Seperti contohnya kejadian masa sekarang dan masa lalu jika tidak dengan grammar yang benar akan menghasilkan bahasa inggris yang tidak benar karena dalam bahasa inggris kejadian masa sekarang dan masa lalu harus berbeda berdasarkan susunan kalimat bahasa inggris. Nah, yuk kita simak pemahaman grammar konsep dasar yang mana akan sering kita jumpai di pemraktekan writing dan juga speaking sehari hari.

Well, kita harus tahu nih kalau dalam bahasa inggris kita akan membedakan dua jenis kalimat nih secara bentuknya, yaitu kalimat nominal dan kalimat verbal. Teman teman penasaran kah apa perbedaan dari dua jenis bentuk kalimat dalam bahasa inggris tersebut? Nih simak ya guys.

Baca juga :Bahasa Inggris Makin Keren Pake Cockney Accent, Yuk Cobain !!

Kalimat Verbal

Oh ya temen temen, saya ingatkan lagi ya, kalau kita belajar bahasa inggris baik untuk speaking maupun writing dasar kita pasti akan mengenal yang namanya kata kerja ordinary (aktivitas) dan kata kerja auxiliary (kata kerja bantu). Kata kerja ordinary dan kata kerja auxiliary inilah yang akan kita gunakan untuk acuan membedakan kalimat verbal dan kalimat nominal guys.

Nah, kalimat verbal ini teman teman adalah kalimat yang menggunakan kata kerja ordinary. Dengan kata lain kalimat verbal ini adalah kalimat yang memiliki aktivitas. Seperti contohnya di bawah ini:

  • I speak English everyday (Saya berbicara bahasa inggris setiap hari)
  • My handphone is used by my best friend (Telephone gengam ku di gunakan oleh teman baikku)
  • What do you buy in that store? (Apa yang kamu beli di toko itu?)

Coba perhatikan teman teman, di antara 3 contoh yang sudah saya tuliskan di atas adalah contoh contoh dari kalimat verbal yang mana sering kita temui di dalam conversation setiap hari. Contoh pertama menggunakan kata kerja (Speak), kata ini adalah memiliki aktivitas yang itu menggerakan mulut dan menghasilakan suara yang bermakna. Jadi, ini merupakan aktivitas yang di lakukan oleh pembicara. Contoh kedua adalah (Used) , kata ini juga memiliki aktivitas dan juga di contoh ketiga yaitu (buy) juga memiliki aktivitas untuk menggunakan alat tukar dengan barang yang akan di belinya.

Verbal VS Nominal, Cari Perbedaannya Yuk !!

Kalimat Nominal

Nah kemudian bagaimana kaitanya dengan kalimat nominal guys, yuk kita simak di bagian sini. Jika teman teman ingin memahami kalimat nominal dengan cepat, caranya mudah guys. Kita tinggal fokuskan kita di bagian kata kerja saja. Caranya begini teman teman. Setiap kali teman teman akan menulis atau berbicara, coba perhatikan kalimat yang akan teman teman ungkapkan dalam bentuk speaking atau tulisan tersebut menggunakan kata kerja yang berupa aktivitas atau tidak.

Jika, kalimat tersebut tidak memiliki kata kerja berupa aktivitas maka teman teman sudah bisa memastikan kalimat yang teman teman akan buat adala kalimat nominal. Nah, kemudian kalau tidak menggunakan kata kerja yang berupa aktivitas, terus menggunakan apa dong?.

Kalimat nominal ini menggunakan kata kerja bantu dan setelah itu di ikuti oleh kata yang biasa kita singkat dengan “ANA”. “ANA” singkatan kata dari Adjective (kata yang merupakan kata sifat dan kata ini akan menjelaskan kata benda), Noun (kata ini menamai dari sesuatu), dan Adverb (kata yang merupakan memberikan keterangan dari kata kerja, bisa berupa kata keterangan tempat, waktu, dan keterangan cara. Contohnya :

  • I am in the office everyday (Saya di kantor setiap hari)
  • You are not naughty (Kamu tidak nakal)
  • I will be your best friend (Saya akan menjadi teman baikmu)

Dari ketiga contoh di atas teman – teman kita bisa mengetahui kalau kalimat tersebut tidak menggunakan kata kerja yang menggunakan aktvitas, melainkan ketiga kalimat di atas hanya menggunakan kata yang di antaranya Adjective, Noun, Adverb atau yang biasanya kita singkat dengan “ANA”

Verbal VS Nominal, Cari Perbedaannya Yuk !!

Penutup

Nah, that’s all tentang kalimat verbal dan kalimat nominal yang ada di dalam bahasa Inggris. Jadi ketika teman teman mau menulis atau berbicara menggunakan bahasa inggris yang benar maka teman teman harus consider nih, kira kira kalimat apa yang akan teman teman gunakan. Hal ini itu snagat penting, karena jika kita salah menggunakan maka kalimat tersebut akan memiliki arti yang berbeda dari yang kita maksud. Konsep dasar bahasa inggris ini itu di gunakan di dalam tulisan bahasa Inggris dan juga ketika kita ingin berbicara menggunakan bahasa Inggris. So Ingat selalu ya temetn temen. Thanks everybody.(fendi)

Leave A Reply

Your email address will not be published.