Cara Cepat Belajar Tenses No Ribet No Ruwet !!

29

Cara Cepat Belajar Tenses No Ribet No Ruwet !!

 

Kampung Inggris – Bagi orang-orang yang sedang mempelajari bahasa Inggris, terdapat satu tantangan yang terkadang membuat mereka kesulitan dalam memahami materinya. Tantangan tersebut tidak lain dan tidak bukan yaitu terkait aturan tata bahasa atau grammar. Fyi, terdapat 16 bentuk kata kerja (verb tenses) yang berhubungan dengan peristiwa baik di masa lampau, masa sekarang, dan juga masa yang akan datang.

Baca juga : Mau Kenalan? Pake Ini Yuk Biar Keren !!

Bentuk tenses ini tentunya harus digunakan secara tepat sesuai dengan situasi dari peristiwa yang terjadi. Belum lagi, mereka harus mempelajari vocab dalam bahasa Inggris yang banyak jumlahnya. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui tips belajar 16 tenses dalam bahasa Inggris. Nah, bagi kamu yang ingin belajar tenses dasar, yuk langsung saja simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Tenses

Sebelum masuk ke pembahasan utama mengenai tips belajar 16 tenses dalam bahasa Inggris, maka ada baiknya kamu mengetahui konsep dasar dari tenses. Btw, di Indonesia kita mengenal 16 rumus tenses dalam bahasa Inggris. Walaupun, secara umum hanya digunakan sebanyak 12 tenses.

Buat kamu yang belum tahu, secara sederhana tenses bahasa Inggris bisa diartikan sebagai pola kalimat yang berubah mengikuti waktu dan merujuk pada beberapa kondisi waktu antara lain masa lalu (past), masa sekarang (present), serta masa depan (future). Tenses merupakan konsep dasar yang harus dipahami oleh setiap orang yang mempelajari bahasa Inggris.

Banyak orang menganggap bahwa belajar tenses dasar merupakan hal yang sulit. Sebab, ada 16 rumus tenses yang harus dikuasai oleh para English student. Padahal, mempelajari tenses tidak sesulit yang dibayangkan, asalkan kamu memahami rumus 16 tenses dalam bahasa Inggris berikut ini.

Mengenal 16 Tenses dalam Bahasa Inggris yang Wajib Dipahami

Seperti yang telah dijelaskan tadi, 16 rumus tenses terbagi ke dalam tiga bentuk, yaitu present, past, dan juga future. Berikut akan dibahas satu persatu mengenai jenis-jenis dan rumus tensesnya:

Cara Cepat Belajar Tenses No Ribet No Ruwet !!

1. Simple Present Tense (Subject + Verb 1)

Simple present tense merupakan bentuk tense yang paling umum digunakan di dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya, simple present tense ini digunakan untuk mengungkapkan fakta, menceritakan peristiwa, maupun kebiasaan yang terjadi di masa sekarang.
Contoh kalimat: They speak Japanese very well.

2. Present Continuous Tense (Subject + To Be + Verb-ing)

Berbeda dengan bentuk simple present tense, present continuous tense merupakan salah satu dari 16 tenses dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menceritakan kejadian yang sedang berlangsung ketika kamu sedang berbicara. Selain itu, tenses ini juga bisa digunakan untuk menceritakan rencana yang akan dilakukan di masa depan. Khusus untuk tenses ini, terdapat penambahan -ing pada akhir verb.
Contoh kalimat : He is working on his homework now.
Future plans: James is moving to a new school next week.

Baca juga : Bahasa Inggris Makin Keren Pake Cockney Accent, Yuk Cobain !!

3. Present Perfect Tense (Subject + has/have + Verb 3 + Object)

Pada umumnya, present perfect tense merupakan salah satu dari 16 rumus tense yang digunakan untuk menceritakan suatu peristiwa yang sedang berjalan atau baru saja selesai dan cenderung memberi penekanan pada dampak dari suatu peristiwa yang telah selesai.
Contoh kalimat: I have seen that video just now

Bentuk tenses ini juga bisa digunakan untuk kegiatan yang berlangsung di masa lampau dan masih berlaku hingga sekarang dan biasanya disertai dengan keterangan terkait berapa lama peristiwa tersebut berlangsung.

Contoh: I have worked here for four years.

4. Past Perfect Continuous Tense (Subject + had + been + Verb-ing + Object)

Jenis dari 16 tenses dalam bahasa Inggris berikutnya adalah dari past perfect continuous tense yang digunakan untuk mengungkapkan suatu tindakan yang dimiliki permasalahan dan berlangsung sampai tindakan orang lain yang ada di masa lalu.

Contoh kalimat: She had been living in Padang about eight years

5. Simple Past Tense (Subject + Verb 2) (Past Form)

Salah satu dari 16 tenses dalam bahasa Inggris yaitu simple past tense yang digunakan untuk mengungkapkan kejadian di waktu tertentu di masa lalu. Peristiwanya bisa terjadi dalam waktu pendek maupun panjang. Beberapa situasi yang memungkinkan penggunaan simple past tense antara lain:

  • Peristiwa di masa lalu yang terjadi di masa lalu dan telah selesai.
  • Situasi yang terjadi di masa lalu.
  • Serangkaian tindakan yang terjadi di masa lalu.

Contoh kalimat: They called their friends 2 days ago.

6. Past Continuous Tense (Subject + Was/Were + Verb- ing) (Continuous Form)

Past Continuous Tense merupakan salah satu dari rumus 16 tenses untuk menceritakan kejadian yang terjadi di masa lampau, tetapi digunakan untuk menceritakan dua kejadian yang terjadi secara bersamaan dalam kurun waktu tersebut.
Contoh kalimat:
I was washing my motorcycle when the phone rang.

7. Past Perfect Tense (Subject + had + Verb 3)

Salah satu dari 16 tenses dalam bahasa Inggris selanjutnya datang dari past perfect tense yang menyatakan suatu kejadian yang terjadi sebelum waktu tertentu di masa lampau.
Contoh kalimat: The boy had cried before his mother came.

Cara Cepat Belajar Tenses No Ribet No Ruwet !!

8. Past Perfect Continuous Tense (Subject + had + been + Verb-ing)

Rumus 16 tenses bahasa Inggris selanjutnya digunakan untuk menceritakan sesuatu yang terjadi di masa lalu dan sudah selesai pada titik waktu tertentu di masa lalu, gimana lebih menarik penukaran pada durasi terjadinya sesuatu.
Contoh kalimat: He had been studying chemistry all day.

Baca juga : One Day With Mr.Bob Kampung Inggris – Poltekkes Kemenkes Surakarta

9. Simple Future Tense (Subject + will/be going to + Verb 1)

Belajar tenses dasar bisa juga mempelajari tentang simple future tense yang digunakan untuk menceritakan suatu peristiwa yang akan terjadi di masa mendatang.

Contoh kalimat: He will come to the cinema tomorrow.

10. Future Continuous Tense (Subject + Will + Be + Verb-ing) (Continuous Form)

Rumus 16 tenses dalam bahasa Inggris yang satu ini digunakan untuk menceritakan suatu kejadian yang pasti akan terjadi dalam waktu dekat. Future Continuous Tense digunakan untuk menceritakan sesuatu yang pasti terjadi di masa depan.

Contoh kalimat: She will be playing doll in the playground tomorrow morning.

11. Future Perfect Tense (Subject + Will Have + Verb 3) (Past Participle Form)

Secara sederhana, future perfect tense digunakan bersama dengan vocab yang menunjukkan keinginan seseorang yang berhubungan dengan masa depan.

Contoh kalimat: I will have finished my physics task by tomorrow.

12. Future Perfect Continuous Tense (Subject+Will+Have+Been+Verb-ing)

Tenses yang satu ini digunakan untuk mengungkapkan suatu peristiwa atau aksi yang akan berlanjut sampai titik waktu tertentu di masa depan. Dalam hal ini, aksi tersebut dapat dimulai di masa lalu, sekarang, atau di masa depan dan dapat diperkirakan ataukah dapat berlanjut.

Contoh kalimat: In February, I will have been working at my company for two years.

13. Simple Past Future Tense

Simple past future tense merupakan salah satu dari 16 tenses dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk membentuk kalimat tentang masa depan dari sudut pandang masa lalu. Biasanya, tenses ini ditemukan pada kalimat tidak langsung atau reported speech.

Rumus umum:
Subject + would + bare infinitive
Bentuk rumus lain: Subject + was/were + going to + bare infinitive

Contoh kalimat:
He would forgive you.
Jennie was going to give one beautiful shoes to het best friend.

Cara Cepat Belajar Tenses No Ribet No Ruwet !!

14. Past Future Continuous Tense (Subject + Would + Be + Verb-ing)

Past future continuous tense berfungsi untuk menunjukkan suatu peristiwa yang akan terjadi di masa lalu, namun peristiwa tersebut tidak dapat terjadi karena alasan tertentu yang terjadi di masa lalu.

Contoh kalimat: I would be coming to your house yesterday, but I didn’t because of the rain.

Baca juga : LIST LENGKAP HOMOPHONE DALAM BAHASA INGGRIS!!

15. Past Future Perfect Tense (Subject + Would + Have + Verb 3)

Rumus 16 tenses dalam bahasa Inggris berikutnya digunakan untuk menunjukkan sebuah kegiatan yang sudah selesai di masa lalu, namun tidak dapat terselesaikan karena suatu alasan yang terjadi di masa lalu.

Contoh kalimat: Gani would have finished his homework if he hadn’t played games.

16. Past Future Perfect Continuous Tense

Rumus 16 tenses terakhir yaitu past future perfect tense yang digunakan untuk menjelaskan tentang kegiatan atau peristiwa yang akan, sedang, dan telah dilakukan di masa lalu. Biasanya, ditemukan lebih dari satu keterangan waktu dalam tenses ini.

Rumus umum: Subject + would + have been + Verb-ing

Contoh kalimat:
I would have been working in my company for five years.

Penutup

Finally, itulah semua informasi yang bisa kami rangkum untuk kamu mengenai 16 tenses dalam bahasa Inggris beserta rumus dan contohnya. Semoga informasi yang kami rangkum bisa bermanfaat buat kamu yang ingin belajar tenses dasar. See you later guys!

Leave A Reply

Your email address will not be published.