Tips Mudah Memahami Another, Other, Others, dan The Others !!

77

Tips Mudah Memahami Another, Other, Others, dan The Others !!

Kampung Inggris – Hi Brothers and Sisters! Banyak banget kosa kata yang mirip di dalam bahasa Inggris. But, hati-hati ya guys karena penggunaannya bisa berbeda. Contohnya yang satu ini nih.. Pasti temen-temen sering nemuin kata another, other, others, dan the others. Ternyata makna keempat vocabs tadi sama lho, yaitu “LAINNYA” atau “YANG LAINNYA”. Eitsss.. meskipun sama, tapi ada perbedaan dalam menggunakannya, ya. Biar gak pusing bedainnya, yuk kita pelajari!

Sebelum bahas satu persatu, kita perlu tau lebih dalam apa sih definisi dari keluarga “OTHER” ini. Menurut Cambridge Dictionary, semua vocabs tersebut berarti “additional or extra or alternative” atau “tambahan, alternatif, atau yang lainnya”.

Baca juga : Affixiation (prefix and suffix), Begini Penjelasannya!

 

Ada keywords yang bisa bantu temen-temen untuk membedakan kosa kata tersebut secara mendasar. Kata another, other, dan others, digunakan untuk menyatakan “hal lainnya” secara umum. Misalkan ketika hanya bilang: baju lainnya, pulpen lainnya, mobil lainnya. Meanwhile, keluarga OTHER yang menggunakan “the” yaitu the other dan the others menyatakan “lainnya” pada yang spesifik. Contohnya: baju lain miliknya, pulpen merah lainnya, mobil lain yang ada di garasi. Sedikit tercerahkan, gengs? Mari kita lanjut!

Dua Fungsi Another, Other, Others, dan The Others

Adjective Pronoun
Singular Another book (is) Another (is)
Plural Other books (are) Others (are)
Singular The other book (is) The other (is)
Plural The other books (are) The others (are)

 

Nah, keluarga OTHER sebagai Adjective (kata sifat) di sini, difungsikan untuk menjelakan noun (kata benda) atau sebagai determiner. Kita menyebutnya dalam rangkaian noun phrase. So, kata selanjutnya akan diikuti oleh noun baik countable nouns (yang bisa dihitung) maupun uncountable nouns (benda yang tidak bisa dihitung).

Kata Another selalu dipakai dalam bentuk tunggal ya, guys! Jadi yang benar adalah another book, bukan another books. Next, kata other sebagai determiner tidak ada yang memiliki akhiran -s. Maka, other books, bukan others books. Bukan juga the others books

Kita move ke fungsi Pronoun, yuk! Pronoun itu adalah kata ganti. Pada posisi ini, keluarga OTHER tidak perlu ada noun yang mengikutinya. Karena keluarga OTHER berfungsi sebagai kata benda itu sendiri. Biar lebih jelas kita lihat contohnya:

I have three books. Two are mine. The other is yours.”

“The students in the class come from many countries. One of the students is from Mexico. Another is from Japan. Others are from Canada.”

Baca juga : Who vs Whom dan Which vs That, Apasih Bedanya?

 

Another, other, others digunakan untuk hal lainnya yang tidak spesifik dijelaskan. Sedangkan the other dan the others untuk menjelaskan lainnya/semua yang tersisa dari kelompok tertentu. Misalnya:

    • “The students in the class come from many countries. One of the students is from Mexico. Another student is from Japan. Other students are from Canada”. Dari contoh ini terlihat nih guys, nggak dijelaskan secara spesifik murid mana yang datang dari Mexico, dan mana yang datang dari negara-negara lainnya.
  • In this class there are five students. Two are native. The others are from India”. Pada kalimat ini jelas yang datang dari India 3 orang di kelas tersebut.

 

Contoh lainnya yang bisa temen-temen perhatikan sebagai perbandingan untuk membedakan keluarga OTHER sebagai adjective dan sebagai pronoun:

“The students in the class come from many countries. One of the students is from Mexico. Another student is from Japan. Other students are from Swiss. Others are from Canada.”

I have three books. Two are mine. The other book is yours.”

Tips Mudah Memahami Another, Other, Others, dan The Others !!

ANOTHER

Ok, mari kita kupas satu per satu, ya! Selain penjelasan di atas, another juga digunakan pada bentuk lainnya nih, gengs. Pertama, another bisa digunakan sebelum one (ANOTHER + ONE). Form ini bisa dipakai jika objeknya sudah disebutkan. Misalnya,

I have eaten two bowls of noodle, but I want another one”. One yang dimaksud ini mengacu pada semangkuk mie yang sudah disebutkan sebelumnya.

Meski di penjelasan sebelumnya another ini selalu menjelaskan bentuk singular atau benda tunggal, tapi another juga bisa diletakkan sebelum benda jamak lho.  Upss.. Jangan pusing dulu! Syarat dari bentuk ini hanya harus menambahkan number pada kalimat tersebut (ANOTHER+NUMBER+PLURAL NOUN). Dalam kalimat seperti ini, another berarti “tambahan”. Contoh:

I will be here for another three moths

I need another five dollars

We drive another ten miles

Baca juga : Pengen Jago Ngomong Inggris? Pahami Bagian Ini !

OTHER

Penggunaan other ini hampir sama dengan another, guys. Bedanya, other ini diletakkan di depan kata benda jamak (plural nouns) dan juga untuk kata benda tidak bisa dihitung (uncountable noun). Leggoo kita lihat contohnya:

Some people like Durian, while other people don’t (plural noun)

“You have to find other happiness, so that you are not sad anymore” (happiness adalah uncountable noun)

Nggak hanya itu, other juga bisa digunakan untuk singular noun. Syaratnya, harus ada determiner sebelumnya (DETERMINER+OTHER+SINGULAR NOUN). Berikut contohnya, guys:

Can I ask you one other thing?”

No other student has ever scored 100.

Tips Mudah Memahami Another, Other, Others, dan The Others !!

OTHERS

Kata others ini hanya sebagai pronoun dari other. So, temen-temen gak perlu terlalu bingung dalam penggunaannya. Ketika others ini jadi pronoun, maka tidak perlu mention kata benda setelahnya, sebagaimana yang dijelaskan di awal. Others berfungsi mewakili plural noun yang telah disebutkan dalam sebuah kalimat.

Dari contoh other:Some people like Durian, while other people don’t”, mari kita ganti dengan others:

Some people like Durian, while others don’t.

Cukup mudah, bukan?

 

THE OTHER(S)

Setelah membahas beberapa vocab tentang “YANG LAINNYA” di atas, mungkin temen-temen banyak yang bertanya tentang perbedaan yang signifikan antara keluarga OTHER ini. Nah, kata “the” yang menyertai keluarga OTHER ini punya perbedaan yang cukup mencolok, lho. The memberikan stressing atau penekanan pada sesuatu yang sedang dibahas secara spesifik. So, orang yang berbicara sudah tau secara spesifik hal atau benda apa sih yang dimaksud.

Dalam penggunaan the other dan the others juga gak susah ya temen-temen. Mengacu penjelasan di atas, the others hanya dipakai untuk pronoun, sehingga tidak perlu menambahkan noun setelahnya. Untuk the other, bisa berposisi pronoun maupun adjective dengan aturan yang sama. Terakhir, the other bisa diikuti singular maupun plural noun. Contohnya the other student, the other students, the other man, the other men, the other child, the other children.

PENUTUP

That’s a wrap guys! Demikian pembahasan tentang keluarga OTHER. Walaupun cukup tricky semoga temen-temen dapat memahami kapan menggunakan another, other, others, the other, ataupun the others. Buat si galau yang selalu banyak pilihan, pengen ini tapi pengen yang lainnya juga, sekarang bisa pakai vocab ini yaa.. Semoga bermanfaat everyone! (jj)

Leave A Reply

Your email address will not be published.