Perbedaan Above dan On dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

63

Perbedaan Above dan On dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Kampung Inggris – Pernahkah kamu mendengar istilah preposisi dalam bahasa Inggris? Preposisi atau preposition biasanya digunakan untuk menyatakan posisi atau letak suatu benda. Dalam menyatakan letak suatu benda, maka kamu membutuhkan preposisi yang tepat. Dalam bahasa Indonesia kamu bisa menemukan beberapa contoh kata preposisi seperti di, ke, dari, untuk, bagi, dan sebagainya.

Sama halnya dengan bahasa Indonesia, ternyata dalam bahasa Inggris juga mempunyai kata preposisi atau preposition word. Kamu bisa menemukan beberapa kata preposisi dalam bahasa Inggris seperti above dan on. Kedua kata tersebut bisa kamu temukan dalam beberapa kalimat yang menyatakan posisi benda. Namun, sudahkah kamu mengetahui perbedaan above dan on dalam penggunaannya?

Ternyata tidak sedikit orang yang belum mengetahui perbedaan antara dua preposition word ini. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini akan dibahas secara detail mengenai perbedaan above dan on dalam bahasa Inggris.

Baca juga : 7 Penggunaan Kata Ever dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Informasi Tentang Preposition Word yang Wajib Kamu Pahami

Sebelum membahas lebih lanjut tentang perbedaan above dan on dalam bahasa Inggris, maka kamu harus tahu lebih dulu mengenai preposition word atau kata preposisi. Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, bahwa above dan on adalah bagian dari preposisi dalam kalimat. Kata preposisi sering digunakan dalam tenses bersamaan dengan vocab lainnya dalam sebuah kalimat.

Jika dalam bahasa Indonesia kamu bisa menemukan beberapa contoh preposisi seperti di, ke, dari, bagi, dsb. Maka, dalam bahasa Inggris preposition word mencakup seluruh kata yang menjelaskan tentang letak atau posisi. Kata preposisi dalam bahasa Inggris digunakan untuk menjelaskan letak atau posisi suatu benda yang sedang dijelaskan dalam kalimat. Setidaknya, ada banyak sekali preposisi dalam bahasa Inggris, diantaranya yaitu:

  • Above: di atas
  • On: di atas
  • In: di dalam
  • Outside: di luar
  • By/next to: di dekat
  • Under: di bawah
  • Beside: di samping
  • Behind: di belakang
  • In front of: di depan
  • Into: dari luar ke dalam
  • Onto: dari bawah ke atas
  • Between: di antara
  • Among: di antara

Jika kita lihat pada daftar di atas, kata on dan juga above sama-sama memiliki arti yaitu ‘di atas’. Namun, jika ditinjau lebih jauh, sebenarnya kedua vocab ini mempunyai makna yang berbeda lho. Sehingga, ketika kamu ingin menyampaikan letak benda yang berada di atas benda lain, maka kamu harus mengetahui perbedaan above dan on dalam kalimat. Oleh karena itu, pastikan kamu simak informasi setelah ini untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Penggunaan Preposition Word: Above

Perbedaan above dan on ada pada posisi benda terhadap benda lainnya. Sebagai informasi, preposisi above memiliki arti ‘di atas’. Namun, benda yang dijelaskan letaknya tidak langsung menyentuh benda lain atau di atas permukaan suatu benda. Lebih tepatnya, above digunakan untuk menjelaskan benda yang memiliki jarak dengan benda lainnya yang digunakan sebagai patokan.

Sebagai contoh pada kalimat The chandelier is above the dining table (lampu gantung terletak di atas meja makan). Penggunaan kata above pada kalimat tersebut, menyatakan bahwa lampu gantung terletak di atas meja makan, sehingga di antara keduanya ada selisih jarak. Sehingga, kalimat tersebut menyatakan bahwa lampu gantung tidak menyentuh permukaan meja makan.

Jika kamu menulis sebuah kalimat The key is above the table (Kunci terletak di atas meja), maka dari kalimat tersebut bisa kita simpulkan bahwa kuncinya tidak terletak di atas permukaan meja. Namun, kemungkinan ada semacam gantungan yang terletak di atas meja, dimana kunci tersebut diletakkan.

Perbedaan Above dan On dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Penggunaan Preposition Word: On

Perbedaan above dan on sebagai preposition word yaitu ada pada kata on yang mempunyai makna bahwa benda yang sedang dijelaskan terletak tepat di atas benda lainnya, atau di atas permukaan benda lainnya. Lebih tepatnya, vocab atau preposition ‘On’ digunakan untuk menjelaskan posisi benda yang letaknya menempel di atas benda lainnya yang berfungsi sebagai patokan letak.

Contohnya yaitu pada kalimat My Father puts the car key on the table (ayahku meletakkan kunci mobil di atas meja). Artinya yaitu ayah meletakkan kunci mobil tersebut tepat di atas meja dan bukan digantungkan. Sehingga, letak kunci mobil tersebut tepat berada di atas permukaan meja dan menempel di meja tersebut (bukan digantungkan).

Selain memiliki arti di atas, preposisi on juga bisa digunakan untuk menjelaskan posisi benda yang menempel di permukaan, walaupun posisinya tidak berada di atasnya, misalnya saja untuk menunjukkan benda-benda yang menempel di dinding. Contohnya yaitu pada kalimat My Sister hangs our photo on the wall in the bedroom (kakak perempuanku menggantung foto kami di dinding kamar tidur).

Baca juga : Expletive Construction: Perbedaan It dan There Dalam Bahasa Inggris

Perbedaan Above dan On dalam Penggunaannya

Dari pembahasan yang sudah kami jelaskan di atas, maka bisa disimpulkan bahwa perbedaan above dan on ada pada posisi benda yang sedang dijelaskan terhadap benda lainnya. Preposition word above digunakan untuk menjelaskan letak benda yang berada di atas benda lainnya, namun posisinya tidak menempel pada benda tersebut. Dengan kata lain, benda yang sedang dijelaskan tidak menempel dengan benda yang menjadi patokan.

Sementara itu, kata on pada kalimat bahasa Inggris digunakan untuk menjelaskan letak benda yang berada di atas permukaan benda lainnya. Posisi dari benda ini menempel pada benda lainnya yang berfungsi sebagai patokan, sehingga tidak ada jarak diantara keduanya. Selain itu, vocab on sendiri bisa digunakan untuk menjelaskan posisi benda yang menempel pada permukaan benda lainnya, meskipun tidak berada di atasnya.

Contoh Penggunaan Above dan On Dalam Kalimat

Nah, agar kamu lebih memahami tentang perbedaan above dan on, maka kami akan memberikan contoh kalimat yang menggunakan kedua preposition word ini. Berikut adalah contoh penggunaan above dan on pada kalimat:

1. Contoh Penggunaan Preposisi Above dalam Kalimat

  • The lamp is the above cupboard (lampu berada di atas lemari).
  • The plane is above the building (pesawat berada di atas gedung).
  • The birds are above the roof (burung-burung berada di atas atap).
  • Your belt is above the TV (ikat pinggangmu berada di atas TV).
  • The clock is above the sofa in the living room (Jam dinding berada di atas sofa di ruang tamu).

2. Contoh Penggunaan Preposisi On dalam Kalimat

  • Your tea is on the table (Tehmu berada di atas meja).
  • My books are on the floor (Buku-buku ku berada di atas lantai).
  • Bobi’s pencil is on the books on the table (Pensil Bobi ada di atas buku di atas meja).
  • The blanket on the bed (Selimut di atas kasur).
  • I put the drinks on the dining table (saya meletakkan minuman di atas meja makan).

Perbedaan Above dan On dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Baca juga : Daftar Vocabularies ala Jaksel yang Bikin Kosakata Kamu Makin Slay

Penutup

Nah, itulah tadi pembahasan lengkap mengenai perbedaan above dan on dalam bahasa Inggris. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kamu seputar penggunaan kata preposisi dalam bahasa Inggris. Terimakasih sudah menyimak artikel ini hingga akhir, dan sampai jumpa lagi di artikel edisi selanjutnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.