Expletive Construction: Perbedaan It dan There Dalam Bahasa Inggris

52

Expletive Construction: Perbedaan It dan There Dalam Bahasa Inggris

Bagi sebagian orang, memahami bahasa Inggris memang menjadi suatu hal yang cukup rumit dan kompleks which is materi yang dipelajari saat sekolah sebenarnya baru dasarnya saja. Nah, artikel yang akan kita rangkum ini akan mengajak temen-temen belajar bareng dan mengulas kembali materi yang sebenarnya sudah pernah didapatkan saat sekolah dulu yaitu perbedaan it dan there dalam bahasa Inggris.

Basically, pastinya kamu menganggap arti dari kata it adalah “itu” yang biasanya diletakkan pada kalimat pertama dalam bahasa Inggris. Sedangkan, there diartikan sebagai “ada” pada kalimat kedua dalam bahasa Inggris. Okay, kita save dulu asumsi tersebut karena sebelum kita membahas lebih jauh maka ada beberapa istilah yang terikat dengan penjelasan it dan there ini yaitu expletive construction dan meaningless word, berikut penjelasan lengkapnya!

Baca juga : 7 Idiom Nyindir Orang Dalam Bahasa Inggris, Buat Kamu !!

Mengenal Expletive Construction dan Meaningless Word pada Perbedaan It dan There

For your information, it dan there termasuk dalam expletive construction yang mungkin pernah kamu pelajari sebelumnya. Arti dari ekspletive merupakan suku kata atau frasa yang dimasukkan dalam kalimat bahasa Inggris yang letaknya ada di subjek atau objek dari verb sehingga membentuk suatu makna yang utuh. Nah, kenyataannya arti dari expletive berbeda dari setiap sumber yang ada dan dibagi menjadi 4 berdasarkan penggunaannya:

  • Expletive pronoun yaitu sebuah pronoun yang dipakai sebagai subjek atau verb argument yang tidak memiliki makna namun dibutuhkan secara sintaksis
  • Expletive syntactic yaitu suatu kata yang punya peran sintaksis namun tidak punya kontribusi apapun dalam terhadap makna dalam kalimat
  • Expletive profanity yaitu kata-kata yang berupa sumpah atau ucapan yang kurang sopan sehingga menantang
  • Expletive attribute yaitu suatu kata yang punya kontribusi terhadap makna dalam kalimat sehingga menunjukkan ekspresi atau perasaan yang kuat dari pembicara

Anyway, expletive construction dapat diartikan sebagai struktur kumpulan kata yang terbentuk dari kombinasi antara expletive pronoun dan verb bee kemudian disesuaikan dengan konteks kalimat. Nah, explecrive pronoun ini terdiri dari dua kata yaitu it dan there yang akan kita bahas secara detail pada artikel ini. Sebagai catatan, sebenarnya kata it dan there ini tidak mempunyai arti secara gamblang sehingga disebut juga meaningless word.

Oleh karena itu, expletive juga bisa disebut meaningless word atau empty words yang tidak memiliki arti secara jelas dan umumnya tidak mempengaruhi makna dari suatu kalimat. Namun, adanya expletive dalam struktur kalimat bahasa Inggris sangat penting sehingga fungsinya yaitu menyediakan subjek formal dalam sebuah kalimat yang tujuannya sebagai grammar sehingga sebuah kalimat menjadi efektif dan lengkap.

Expletive Construction: Perbedaan It dan There Dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Expletive Construction Untuk Memahami Perbedaan It dan There

Sebelum kita lebih jauh membahas tentang perbedaan it dan there dalam kalimat bahasa Inggris, maka kita harus memahami dulu secara tuntas cara kerja expletive construction melalui beberapa contoh kalimat. Kalimat yang akan kita jadikan contoh terlepas dari bagaimana perbedaan it dan there sebenarnya karena itu akan dibahas pada bagian selanjutnya dengan lebih detail. Next, temen-temen bisa lihat contoh berikut:

  • It is light down here
  • There is a girl at the window

Nah, dari kedua contoh di atas kamu bisa melihat bagaimana kalimat expletive construction bekerja dengan kata it dan there. Pada kalimat pertama, memiliki arti “di bawah sini gelap atau keadaanya gelap di bawah sini” sehingga tidak ada makna kata “itu” pada kalimat pertama seperti kita mengartikan it pada umumnya. Itulah yang disebut dengan meaningless word atau empty words.

But, ketika temen-temen menghilangkan kata it maka kalimat tersebut menjadi tidak sempurna atau tidak lengkap sehingga akan terasa janggal. Begitupun kalimat kedua yang memiliki arti “ada seorang perempuan di dekat jendela”, meskipun artinya demikian dan senada dengan pembawaan arti dari there itu sendiri tapi ada proses yang membuat kata there jadi punya arti dalam kalimat, berikut penjelasannya:

  • Adanya proses perubahan satu bahasa ke bahasa lain
  • Adanya faktor budaya dalam memaknai sebuah kalimat
  • Dalam kalimat pasti terdapat maksud atau informasi yang ingin disampaikan
  • Sehingga setiap orang berusaha mempertahankan makna dari sebuah kalimat dengan improvisasi agar maknanya tidak berubah
  • Kata there akhirnya menjadi padanan yang paling mendekati dengan makna yang ingin disampaikan
  • Kesimpulannya kata it atau there tidak memiliki arti yang universal, bahkan bisa disebut sebagai empty words (tidak punya makna)

Baca juga : Penggunaan Have dan Has di Bahasa Inggris, Jangan Sampai Salah !

Perbedaan It dan There Dalam Kalimat Bahasa Inggris

So, setelah membahas expletive construction and meaningless word lengkap dengan contoh kalimatnya maka selanjutnya kita akan membahas secara detail tentang perbedaan it dan there dalam kalimat bahasa Inggris. Well, ketika kamu memahami keduanya maka sudah bisa menggunakannya secara tepat pada sebuah kalimat. Berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang perbedaan it dan there:

1. Expletive It

Basically, kata it yang secara umum diartikan sebagai “itu” sebenarnya juga memiliki proses sehingga bisa dimaknai dalam sebuah kalimat. But, kamu harus tetap ingat bahwa it dan there tetaplah expletive atau empty words. Sehingga kata it tidak bisa diartikan sebagai apapun, tapi punya peran penting dalam sebuah kalimat. Nah, berikut ini berbagai fungsi dari kata it saat digunakan dalam kalimat bahasa Inggris:

  • It fungsinya untuk menggantikan dan menyembunyikan subjek dalam suatu kalimat, biasanya it dipakai sebagai subject dari adjective lalu diikuti oleh adverb, berikut contohnya: it’s pleasant in the garden, it’s gloomy here, etc

 

  • It fungsinya untuk menggantikan subjek tertentu dalam kalimat dan terbagi menjadi beberapa kategori antara lain :
    Identification: who is it? it is Maria
    Weather: it’s cold outside
    Time: it’s friday
    Distance: it’s eight miles from the supermarket to my house
    Temperature: it’s ninety degree celsius

 

  • It berfungsi untuk mengisi posisi subjek which is subjek yang asli yaitu kata benda struktural dari sebuah kata kerja berikut

contohnya: it’s hard to believe you, it is important to be there on time

Nah, dari ketiga contoh diatas sudah jelas bahwa kata it tidak bisa diartikan sebagai itu pada berbagai contoh kalimat yang sudah kami sampaikan. Hal ini dikarenakan adanya peraturan dalam sebuah kalimat yang mana wajib memiliki subjek di dalamnya. Sehingga, kata it menjadi padanan yang paling tepat untuk melengkapi struktur sebuah kalimat dalam bahasa Inggris.

Expletive Construction: Perbedaan It dan There Dalam Bahasa Inggris

2. Expletive There

Next, expletive there memang sudah kita singgung pada pembahasan di atas namun akan kita jelaskan lebih lengkap lagi supaya temen-temen lebih paham tentang penggunaan kata there. Sama seperti it, umumnya kadar juga diartikan sebagai “ada” namun ingatlah juga bahwa kata ini merupakan empty works yang tidak memiliki arti apapun namun memiliki peran yang penting dalam struktur kalimat bahasa Inggris berikut penjelasannya:

  • Digunakan sebagai noun atau pronoun yang dibicarakan dengan struktur there + be + (pro) noun + expression of place,

contohnya: there is a piano in the room

  • Digunakan sebagai pelengkap kalimat dengan kata kerja be yang memiliki arti “ada” (exist) dengan rumus there + be + noun with adjective modifiers

contohnya: there are many doctors who can help you

  • Digunakan sebagai penekanan terhadap sesuatu yang baru saja terjadi atau sedang hangat-hangatnya dengan rumus there + be + (pro) noun + -ing participle, 

contohnya: there is a strong approaching

Baca juga : Preposisi In, On, At di Bahasa Inggris, Kapan Sih Pakenya?

Penutup

Finally, kita sudah sampai pada akhir penutup artikel ini which is tentang expletive construction perbedaan it dan there dalam bahasa Inggris. Kesimpulannya, kata it atau there sebenarnya tidak memiliki arti secara universal sehingga disebut dengan empty words. Kemudian, perbedaan dari kedua kata ini yaitu pada penggunaannya dalam kalimat berdasarkan maksud dan tujuan yang ingin disampaikan. Semoga materi singkat ini bisa bantu kamu yaah, see u !

2 Comments
  1. […] Baca juga : Expletive Construction: Perbedaan It dan There Dalam Bahasa Inggris […]

  2. yusniar pangaribuan says

    Wahhhhh ada program IELTS jg, mau ikut😍

Leave A Reply

Your email address will not be published.