Cara Cepat Bedain Active and Passive Voice di Bahasa Inggris !!

63

Cara Cepat Bedain Active and Passive Voice di Bahasa Inggris !!

Kampung Inggris – Halo everyone, ketemu lagi bareng kita nih, which is kita bakal bahas informasi yang pastinya bermanfaat buat kamu semua. Penasaran nggak? Pastinya penasaran kan sama pembahasan kali ini. Because, pada pembahasan ini kita bakal kasih informasi untuk kamu about perbedaan penggunaan kalimat aktif dan pasif dalam bahasa Inggris.

Sama halnya dengan bahasa Indonesia nih, bahasa Inggris juga punya banyak banget jenis kalimat, vocab dan juga verb. Dua jenis kalimat yang populer dan udah nggak asing lagi ditelinga kita, yaitu kalimat aktif dan juga pasif. Apa sih perbedaan dari dua jenis kalimat ini? Nah, buat kamu yang udah penasaran sama informasinya, berikut udah kita siapin pembahasan tentang perbedaan penggunaan kalimat aktif dan pasif, yuk check this out!

Baca juga : 2 Perbedaan A dan An Dalam Bahasa Inggris, Worth it Buat Kamu !

Perbedaan Penggunaan Kalimat Aktif dan Pasif dalam Bahasa Inggris

Cara Cepat Bedain Active and Passive Voice di Bahasa Inggris !!

Usually, temen-temen bisa pakai kata kerja yang berawalan me- untuk menyusun atau membuat sebuah kalimat aktif. Contohnya yaitu menulis, menyapu, melempar, memotong, dan masih banyak lagi. Meanwhile, buat kalimat pasif, kata kerja yang biasanya dipakai adalah vocab yang berawalan di-, contohnya diikuti, disusun, dibuat, dan lain-lain.

So, apakah makna dari dua jenis kalimat ini sama? Ternyata, penggunaan kalimat aktif dan pasif di dalam bahasa Inggris punya perbedaan dari segi penekanan maknanya. Kalau kamu mau buat kalimat aktif or pasif pakai vocab dan verb bahasa Inggris, Kamu pastinya harus tahu arti dari dua jenis kalimat ini.

Perbedaan Penggunaan Kalimat Aktif dan Pasif Dilihat dari Artinya

Untuk lebih paham tentang perbedaan dari kalimat aktif dan kalimat pasif dalam bahasa Inggris, kamu harus tahu lebih dulu nih definisi dari keduanya. So, berikut ini udah kita rangkum definisi dari kalimat aktif dan kalimat pasif.

1. Definisi dari Kalimat Aktif dalam Bahasa Inggris

Actually, dalam bahasa Inggris kalimat aktif ini disebut dengan active voice, yaitu kalimat yang menempatkan orang yang melakukan suatu pekerjaan sebagai subjeknya. Kalau dalam percakapan nih, kalimat active voice lebih cenderung punya nada yang tegas dan juga jelas.

For your information, dalam percakapan bahasa Inggris sehari-hari, kamu lebih disaranin buat pakai kalimat aktif, because dengan menyebut pelaku sebagai subjek dari kalimat, maka maknanya bakal lebih mudah buat dipahami sama lawan bicara. Jadi, kalau ditanya apa itu kalimat aktif, maka kamu udah nggak perlu bingung lagi dong buat jawabnya. Karna kamu tinggal jawab kalau kalimat aktif itu kalimat yang subjeknya melakukan suatu tindakan.

2. Definisi dari Kalimat Pasif dalam Bahasa Inggris

Nah, sekarang giliran kita bahas tentang kalimat pasif nih, yaitu kalimat yang subjeknya dikenai suatu perbuatan atau tindakan. Kalau tadi kalimat aktif disebut dengan active voice, maka kalimat pasif kita sebut dengan passive voice. Fyi, kalimat pasif sendiri lebih membicarakan tentang hal yang dikenai atau dipengaruhi oleh perbuatan tertentu.

Kalau dalam bahasa Indonesia nih, kamu bisa nemu beberapa contoh dari kata kerja pasif yang usually diawali sama imbuhan di-, contohnya dicuci, disapu, dimasak, etc. Btw, setelah baca penjelasan di atas nih, beberapa dari kamu pasti ada yang kepikiran sebenernya apa sih fungsi dari passive voice ini? Nah, kita bakal spill penjelasannya khusus buat kamu. So, simak baik-baik ya temen temen!

Actually, ada dua fungsi penggunaan kalimat pasif ini. Pertama, kalimat pasif jadi kalimat yang dipakai buat menekankan kalau suatu tindakan telah terjadi, dan nggak terlalu fokus sama siapa yang melakukan tindakan tersebut. Kedua, kalimat pasif atau passive voice bakal berguna when kamu mau menceritakan sebuah tindakan yang pelakunya nggak diketahui nih. So, kalimat pasif ini sebenarnya usefull banget buat digunakan di beberapa situasi.

Perbedaan Penggunaan Kalimat Aktif dan Pasif Dari Strukturnya

Cara Cepat Bedain Active and Passive Voice di Bahasa Inggris !!

Next, kita bakal bahas perbedaan penggunaan kalimat aktif dan pasif kalau kita lihat dari strukturnya. Fyi, active voice dan passive voice punya perbedaan dari struktur kalimatnya. Nah, buat kamu yang udah penasaran yuk simak langsung pembahasannya di bawah ini.

Baca juga : 5 Rekomendasi Cafe Cozy nan Fancy Ala Kampung Inggris

1. Rumus Active Voice

Kalau temen-temen mau coba untuk buat kalimat aktif dalam bahasa Inggris, maka kamu bisa membuatnya dengan mengikuti merangkai vocab dan verb bahasa Inggris pakai pola atau rumus berikut ini.

  • Subjek + Verb + Object

Kalau diliat dari struktur atau rumusnya, bisa dibilang kalimat aktif ini udah biasa kita temui dalam kalimat sehari-hari alias kalimat umum.

2. Rumus Passive Voice

Anyway, kamu bisa ngerubah kalimat aktif jadi kalimat pasif, lho. Caranya gimana tuh? Caranya yaitu pakai rumus atau struktur umum untuk kalimat pasif. Rumus dari kalimat pasif ini yaitu pakai pola

  • Object + to be + Verb 3 + by subject

Kalau kamu mau ngerubah kalimat aktif jadi kalimat pasif, tentunya kamu harus paham rumus atau pola dari masing-masing jenis kalimat itu. Because, dengan paham rumus dari masing-masing kalimat, maka kamu bakal mudah dalam mengerjakan segala jenis permintaan dalam soal. Selain itu, temen-temen juga perlu buat menguasai logika berpikir dari pembentukan masing-masing kalimat tersebut.

Contoh Perbedaan Penggunaan Kalimat Aktif dan Pasif

Cara Cepat Bedain Active and Passive Voice di Bahasa Inggris !!

Nah, dari beberapa pembahasan di atas, bisa kita simpulin nih kalau active voice dipakai untuk menceritakan pelaku atau subjek yang melakukan suatu tindakan. Sedangkan, kalau dalam passive voice kalimatnya bakal lebih menekankan pada suatu tindakan yang terjadi dalam kalimat tersebut, daripada siapa yang melakukan tindakannya.

Biar kamu lebih paham tentang perbedaan penggunaan kalimat aktif dan pasif dalam bahasa Inggris, kita bakal kasih contohnya nih. Are you ready? Yuk simak baik-baik contoh kalimat aktif dan pasif yang udah kita rangkum buat kamu di bawah ini.

1. Contoh Kalimat Aktif dalam Bahasa Inggris dan Artinya

  • Dad counts the money (Ayah menghitung uang).
  • Beny cooks rice for me (Beny memasak nasi untukku).
  • Aldo watches a movie (Aldo menonton film).
  • My Grandma is making a cup cake for me now (Nenekku membuat Cup cake untukku sekarang).
  • Ani bought a bag yesterday (Ani membeli tas kemarin).
  • James will write an article tomorrow (James akan menulis artikel besok).

2. Contoh Kalimat Pasif dalam Bahasa Inggris dan Artinya

  • The money was counted by the dad (Uang dihitung oleh ayah).
  • Rice is cooked by Beny for me (Nasi dimasak oleh Beny untukku).
  • A movie is watched by Aldo (Film ditonton oleh Aldo).
  • A cupcake is being made by my grandma for me now (Sebuah cupcake dibuat oleh nenek untukku sekarang).
  • The bag was bought by Ani yesterday (Sebuah tas dibeli oleh Ani kemarin).
  • An Article will be written by James tomorrow (Sebuah artikel akan ditulis oleh James besok).

Baca juga : Daftar Mr.Bob Kampung Inggris Sekarang

Penutup

Finally, itulah perbedaan penggunaan kalimat aktif dan pasif dalam bahasa Inggris serta contohnya yang udah kita bahas buat kamu. Dengan membaca pembahasan di atas, kamu pasti udah paham dong sama perbedaan kalimat aktif dan pasif. Semoga bermanfaat!

2 Comments
  1. […] Baca juga : Cara Cepat Bedain Active and Passive Voice di Bahasa Inggris !! […]

  2. Rossiane says

    Wah pas banget baru dibahas kemaren di sekolah

Leave A Reply

Your email address will not be published.