Stop Keliru, Berikut Cara Bedain Are You dan Do You di Bahasa Inggris!!

73

Stop Keliru, Berikut Cara Bedain Are You dan Do You di Bahasa Inggris!!

Kampung Inggris – Ketemu lagi nih kita di artikel seputar bahasa Inggris yang sayang banget kalau di skip,, btw pernah nggak sih kamu ngerasa bingung pas bedain antara kosakata are you dan do you? Biasanya sih, para pemula bakal bingung pas mau pake salah satu atau kedua frasa tersebut dalam kalimat. So, gimana sih cara bedain are you dan do you ini dan kapan gimana cara pake kata ini dalam kalimat?

Nah, para english learner pemula wajib banget mengetahui perbedaan dari dua frasa ini, which is terkadang keduanya dianggap sepele, tapi sering menjadi boomerang ketika penggunaannya nggak sesuai. You know, kesalahan penggunaan pada frasa are you dan do you ini kebanyakan dilakukan sama pemula, bahkan nggak jarang dilakukan beberapa pengguna bahasa Inggris yang udah lancar.

So, buat kamu yang pengen belajar lebih lanjut mengenai cara bedain are you dan do you, yuk simak bareng ulasan lengkapnya mengenai frasa are you dan do you yang udah kita bungkus dengan lebih menarik khusus untuk kamu para english learner.

Baca juga : Bingung Bedain Confusing Words di Bahasa Inggris ? Pake Cara Ini !!

Informasi Tentang Are You dan Do You Artinya Serta Fungsinya

Stop Keliru, Berikut Cara Bedain Are You dan Do You di Bahasa Inggris!!

Literally, kalau dilihat dari penulisan kata, temen-temen pasti melihat adanya perbedaan di antara frasa are you dan do you. But, meskipun beda nih dalam segi penulisan ternyata kedua frasa ini sebenarnya punya arti yang mirip pas diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. So, apa sebenarnya arti frasa are you dan do you ini dalam bahasa Indonesia?

Nah, kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, frasa are you dan do you artinya adalah ‘apakah kamu…?’. So, dari artinya ini kamu pasti udah bisa nyimpulin kalau are you dan do you merupakan awalan untuk suatu pertanyaan. Kedua frasa ini biasanya diucapkan atau dituliskan pada sebuah pertanyaan yang sifatnya interogatif, which is diajukan dengan tujuan dapetin sebuah informasi.

Setelah tahu tentang arti dari kedua frasa ini, muncul lagi nih sebuah pertanyaan mengenai fungsi dari keduanya kalau dipake dalam sebuah kalimat. Fungsi dari penggunaan frasa are you dan do you ini yaitu buat menandakan atau mengawali kalimat yang berbentuk pertanyaan. Literally, penggunaan frasa do you atau are you ini fungsinya buat menanyakan sebuah pertanyaan yang jawabannya adalah ‘ya’ atau ‘nggak’.

Selain itu, kamu juga bisa pake frasa are you atau do you untuk membuat kalimat pertanyaan dalam bahasa Inggris lainnya lho. Misalnya, kamu bisa nyelipin frasa are you atau do you untuk membuat sebuah pertanyaan dengan awalan kata tanya 5W1H atau bisa juga disebut W-H question. Tuhh, seru banget kan materi are you dan do you ini?

Bagaimana Cara Bedain Are You dan Do You Serta Penggunaannya?

Nih informasi buat temen-temen, frasa do you atau are you biasa dipake dalam sebuah pertanyaan yang menggunakan present tense. So, bisa disimpulin kalau frasa do you atau are you ini dipake buat kalimat yang menyatakan sesuatu yang lagi terjadi saat ini atau sesuatu yang terjadi secara berulang, dan merupakan sebuah fakta.

Basically, cara bedain are you dan do you adalah pada penggunaan vocab setelah subjek (you). Pada frasa do you, kamu harus menggunakan verb atau kata kerja setelah subjek. So, do you dipake buat menanyakan sesuatu yang didalamnya ada kata kerja (verb). Adapun jawaban dari pertanyaan yang diawali dengan frasa do you kemungkinan direspon dengan dua jawaban yaitu yes I do, atau No, I don’t.

Sedangkan, pada frasa are you, setelah subjeknya digunakan vocab non-verb, atau bukan kata kerja. Contoh bukan kata kerja, misalnya happy, live, sleepy, married, a student, dan masih banyak lagi. Jawaban dari pertanyaan yang pake frasa are you, biasanya dijawab dengan Yes, I am atau No, I am not.

Baca juga : Greeting English: Ucapan Salam yang Bikin Bahasa Inggrismu Makin Keren

Apa yang Terjadi Jika Salah Menggunakan Are You dan Do You?

Stop Keliru, Berikut Cara Bedain Are You dan Do You di Bahasa Inggris!!

Next, setelah mengetahui cara bedain are you dan do you, tentu kamu udah nggak bingung lagi kan gimana cara pake kedua frasa ini dalam kalimat. But, apa sih yang bakal terjadi jika kamu salah dalam menggunakan frasa are you dan do you ini? Meskipun terlihat sepele, tetapi jika terjadi kesalahan dalam menggunakannya, maka akan berakibat fatal, lho temen-temen.

Kesalahan penggunaan are you dan do you bisa mengakibatkan timbulnya kesalahpahaman antara penutur dan juga lawan bicara. Contoh dari kesalahan penggunaan frasa are you dan do you ini misalnya saat kamu bertanya “are you like monkey” dan “do you like monkey”.

Nah wajib disimak nih, kalimat pertama (“are you like monkey”) jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah ‘apakah kamu seperti monyet?’. And then, pada kalimat kedua (“do you like monkey”) memiliki arti ‘apakah kamu suka monyet?’. Tuh kan fatal banget karena bisa buat orang lain tersinggung jika sampe salah memposisikannya. Thats why, sangat penting buat tau cara bedain are you dan do you.

Nah, beberapa kesalahan lain yang sering terjadi saat menggunakan frasa do you dan are you antara lain:

  • Are you have a pencil? (Kalimat yang benar: Do you have a pencil?)
  • Are you feel sad? (Kalimat yang benar: do you feel sad?)
  • Do you from Australia? (Kalimat yang benar: are you from Australia)

Contoh Kalimat yang Menggunakan Frasa Do You dan Are You dengan Benar

Well, setelah tau cara bedain are you dan do you, kamu pasti pengen lebih tau mengenai contoh kalimat yang menggunakan frasa ini. Untuk menggunakan frasa do you dan are you dalam kalimat which is kamu harus mengenal apa saja contoh kata kerja (verb) dan bukan kata kerja (non-verb). So, beberapa contoh vocab kata kerja (verb) dan vocab bukan kata kerja (non-verb) adalah sebagai berikut:

Verb (Kata Kerja) > Menggunakan Do You

  • Do you usually go to school at 06.15?
    (Apakah kamu biasanya pergi ke sekolah jam 06.15?)
  • Do you work at home today?
    (Apakah kamu bekerja di rumah hari ini?)
  • Do you want to try driving a car?
    (Apakah kamu pengen mencoba mengemudikan mobil?)
  • Do you come from Jakarta?
    (Apakah kamu berasal dari Jakarta?)
  • Do you like cat?
    (Apakah kamu menyukai kucing?)

Stop Keliru, Berikut Cara Bedain Are You dan Do You di Bahasa Inggris!!

Baca juga : Daftar Mr.Bob Kampung Inggris Sekarang

Non-Verb (Bukan Kata Kerja) > Menggunakan Are You

  • Are you like your father?
    (Apakah kamu seperti ayahmu?)
  • Are you afraid of dog?
    (Apakah kamu takut pada anjing?)
  • Are you a police?
    (Apakah kamu seorang polisi?)
  • Are you the owner of this restaurant?
    (Apakah kamu adalah pemilik restoran ini?)
  • Are you happy right now?
    (Apakah kamu senang sekarang?)

Penutup

End up, setelah tau cara bedain are you dan do you, temen-temen bisa lebih paham nih tentang konsepnya dengan melihat contoh yang udah kita kasih di atas. Oh ya, perlu kamu ingat juga mengenai perbedaan do you dan are you ada pada vocab yang dipake setelah subjek (you). Kamu bisa pake frasa do you apabila setelah subjek (you) adalah kata kerja (verb), sedangkan frasa are you dipake jika setelah kata subjek (you) adalah bukan kata kerja.

So, buat memahami konsep dari frasa are you dan do you ini, kamu perlu rajin membaca dan berlatih agar semakin mahir menggunakannya ya. Nah, demikian pembahasan mengenai cara bedain are you dan do you, serta berbagai informasi lainnya yang udah kita rangkum buat kamu, see you later.

1 Comment
  1. […] Baca juga : Stop Keliru, Berikut Cara Bedain Are You dan Do You di Bahasa Inggris!! […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.