8 Perbedaan Aksen American dan British Dalam Bahasa Inggris, Berikut Penjelasan Lengkapnya!

61

8 Perbedaan Aksen American dan British Dalam Bahasa Inggris, Berikut Penjelasan Lengkapnya!

 

Kampung Inggris – Dari judulnya pasti udah ketebak banget kan kalau kita bakal bahas tentang materi yang cukup menarik dan seru tapi agak membingungkan dikit nih yaitu perbedaan akses American dan British dalam bahasa Inggris. Maybe, pasti temen-temen bertanya-tanya kenapa bahasa Inggris punya dua aksen yang beda. Nah, ternyata hal ini terjadi karena pernah ada konflik antara Inggris (British) sama Amerika.

Anyway, aksen American dan British ini dibahas sampe tamat juga lho di Kampung Inggris so kalau kamu pengen nambah knowledge tentang kedua aksen ini nggak ada ruginya buat kursus di Kampung Inggris Pare lho temen-temen because ilmu yang bakal dipelajari dijamin nggak setengah-setengah. But, kamu nggak perlu khawatir kalau belum sempet karena kita udah rangkum nih 8 perbedaan aksen American dan British dalam bahasa Inggris.

Baca juga : 4 Rekomendasi Lagu Bahasa Inggris yang Mudah Dihafal

8 Perbedaan Aksen American dan British dalam Bahasa Inggris

8 Perbedaan Aksen American dan British Dalam Bahasa Inggris, Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Fyi, bagi temen-temen yang lagi mendalami bahasa Inggris harus tahu dulu nih tentang aksen British dan American. Meski keduanya itu sama-sama bahasa Inggris tapi bedanya cukup signifikan lho terutama dari gaya bahasanya. Bisa dibilang sih perbedaan ini muncul dari harga diri dan rasa merdeka negara Amerika yang ingin memisahkan diri dari negara Inggris. Yah, temen-temen bisa milih aksen mana yang lebih mudah inggris British atau American.

Nah, supaya temen-temen memahami lebih detail tentang perbedaan aksen American dan British saat menggunakannya, gaya bahasanya, dan sebagainya, check this out!

1. Kamus British dan American

First, perbedaan paling basic yang wajib temen-temen tahu tentang aksen British dan American yaitu dari kamus bahasa Inggrisnya. Pokoknya, jangan sampe salah beli ya karena kamus British English ditulis oleh Samuel Johnson dengan judul kamus yaitu The Dictionary of the English Language pada tahun 1755. Sedangkan, American English ditulis oleh Noah Webster pada tahun 1828 dengan judul An American Dictionary of The English Language.

2. Aksen British dan American yang Berbeda

Next, perbedaan aksen American dan British dalam bahasa Inggris tentu aja terletak pada aksennya. Temen-temen bisa perhatiin kalau aksen British English ternyata sering banget ngilangin huruf “r” pada saat berbicara. Contoh kalimat British yang maybe bisa kamu temui dalam film Harry Potter. Perbedaan ini sangat terasa lho dan bagi yang udah paham pasti langsung tau kalau bahasa Inggris tersebut pake aksen British.

Nah, berbeda sama aksen American yang secara umum tetap ngeluarin bunyi “r” saat berbicara atau berkomunikasi. Hal inilah yang membuat aksen American lebih akrab sama orang Indonesia dibandingkan aksen British yang bisa dibilang lebih susah untuk dikuasai oleh orang Indonesia.

3. Kosakata atau Vocabulary

Satu lagi hal yang mendasar dan jadi perbedaan American English dan British English which is pada kosakata atau vocabnya. You know, perbendaharaan vocabulary pada aksen American dan British bisa beda banget meskipun memiliki arti yang sama. Kalau orang Indonesia sih pakai konsep senyamannya dan yang paling gampang aja untuk digunakan sehingga terkadang orang Indonesia tidak menyadari apakah lagi pake aksen American atau British.

Example nih, temen-temen lebih sering nyebut liburan itu holidays dibanding go vacation. Padahal, orang Indonesia lebih akrab sama aksen American yang kalau nyebut pergi berlibur yaitu go vacation, namun karena lebih nyaman dan simpel pakai aksen British yang menyebut pergi liburan sebagai holidays.

So, kalau kamu belajar dengan berbagai metode malah jadi tantangan seru lho karena bakal menambah koleksi kosakata dalam berbahasa Inggris. Temen-temen juga bakal punya vocabulary yang kaya dan lebih variatif, so nggak perlu khawatir dan bingung karena aksen apapun yang kamu gunakan tidak masalah selama penggunaanya benar dan sesuai.

4. Kaidah Tata Bahasa atau Grammar

Literally, perbedaan American English dan British English terletak pada kaidah tata bahasa atau disebut juga grammar. Yah, grammar memang jadi kesulitan tersendiri ya bagi sebagian orang but jangan pantang nyerah ya karena kalau kamu udah menguasai grammar maka skill lainnya juga bakal jadi gampang buat dipahami. Oh iya, kembali ke laptop nih karena kita bakal bahas tentang perbedaan American dan British dari aspek tata bahasa atau grammar.

Aksen American dalam kaidah kata benda jamak adalah tunggal atau sering disebut singular, misalnya band mengacu kepada sekelompok musisi, tim mengacu pada sekelompok atlet, dan sebagainya. Oleh karena itu, aksen American bakal menggunakan to be tunggal. Kemudian pada preposisi waktu, aksen American menggunakan “on” untuk menunjukkan waktu dan “in” untuk menunjukkan tempat and then aksen ini juga sering pake bahasa non formal.
Nah, aksen British dalam kaidah kata benda jamak bisa diartikan ke tunggal maupun kolektif nih temen-temen which yang sering dipake ya kata benda jamak atau kolektifnya. Kemudian, untuk preposisi waktu aksen British English menggunakan “at” saat menunjuk waktu dan tempat. Next, perbedaannya British dan American terletak pada kata kerja bantu which is kamu akan sering nemuin percakapan aksen British masih menggunakan bahasa formal.

Baca juga : Cara Pakai ‘Less’ Ala Bule, Yuk Cari Tahu Perbedaan Less dan Fewer Berikut Ini !!

5. Ejaan atau Spelling

Fyi, aksen American dan British ternyata juga mempengaruhi ejaan atau spelling, kok bisa? Yah, perbedaannya sih cuman sedikit tapi cukup membuat bingung sendiri bagi yang belum memahaminya. Kita udah ngerangkum beberapa ejaan American dan British biar temen-temen punya gambaran secara garis besar:

Akhiran “se” dan “ce”: aksen American lebih menggunakan akhiran “se” seperti defense dan offense, sedangkan aksen British lebih menggunakan akhiran “ce” seperti defence dan offence
Konsonan ganda yang disederhanakan: aksen American lebih menggunakan konsonan ganda seperti modelling dan travelling, sedangkan aksen British prefer menggunakan konsonan ganda yang disederhanakan seperti modeling dan traveling
Akhiran “ize” dan “ise”: aksen American cenderung menggunakan akhiran “ize” seperti apologize dan realize, berbeda dengan aksen British yang menggunakan akhiran “ise” seperti apologise dan realise

6. Aturan Past Tense

Perbedaan aksen American dan British dalam bahasa Inggris ternyata juga ada di aturan past tense lho temen-temen tepatnya paa irregular verbs. Irregular verb merupakan past tense atau kata kerja yang menunjukkan masa lalu atau masa lampau. Yah, sambil di ingat kita kupas bareng nih langsung ke contohnya ya. Past tense “belajar” jika dalam aksen American menjadi learned, tapi jika dalam aksen British bisa menggunakan learned atau learnt.

Next, contoh lainnya ya kita pakai past tense “mimpi” yang kalau diterjemahkan ke aksen American menjadi dreamed, sedangkan jika ke aksen British menjadi dreamt. So, kesimpulan yang bisa diambil yaitu past tense American English prefer pakai akhiran -ed dan past tense British English prefer pake akhiran -t.

Baca juga : Best Moment Ever Had In Mr.Bob Kampung Inggris – Syafika

7. Sertifikat Tes Bahasa Inggris

Actually, temen-temen bisa milih aksen mana yang lebih mudah untuk digunakan apakah aksen British atau aksen American. Tapi, kamu perlu ingat nih jika ingin melakukan tes untuk mendapatkan sertifikat skor bahasa Inggris maka harus disesuaikan dengan aksen yang temen-temen kuasai. Kalau temen-temen prefer aksen British maka ikutilah IELTS, sebaliknya kalau teman-teman prefer aksen American maka ikutilah TOEFL.

Fyi, kamu bisa belajar dulu sebelum melakukan tes bahasa Inggris buat berbagai urusan atau kepentingan seperti masuk kuliah atau mendapatkan beasiswa. Kita saranin untuk nyempetin kursus di Kampung Inggris Pare yang akan memberikan peluang yang lebih gede nih buat lulus dan dapet skor tinggi.

Baca juga : Daftar Kelas IELTS Super Mr.Bob Sekarang

8. Aturan Tag Question

End up, perbedaan British dan American yang terakhir terletak pada aturan tag question. The question menjadi kosakata imbuhan yang disesuaikan dengan konteks dari sebuah kalimat. Misalnya, kursus di Kampung Inggris Pare Mr. Bob sangat seru, bukan? Nah, kalimat tersebut disebut dengan tag question yang mengubah bentuk tata bahasa pernyataan menjadi pertanyaan dan disebut juga sebagai kata ganti.

You know, dalam contoh kalimat British dan American bisa kamu lihat dari aturan tag question pada kalimatnya. Pokoknya aksen American jarang banget pakai tag question dalam kalimatnya, berbeda dengan British yang mungkin lebih sering menggunakan tag question.

Penutup

Eh udah penutup aja nih, thanks a lot ya buat temen-temen yang udah nyimak pembahasan tentang perbedaan aksen American dan British dalam bahasa Inggris di artikel ini. Kita harap apa yang disampaikan dapat dengan mudah dipahami dan menjadi tambahan ilmu buat temen-temen ya, see u later!

2 Comments
  1. […] Baca juga : 8 Perbedaan Aksen American dan British Dalam Bahasa Inggris, Berikut Penjelasan Lengkapnya! […]

  2. […] Baca juga : 8 Perbedaan Aksen American dan British Dalam Bahasa Inggris, Berikut Penjelasan Lengkapnya! […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.