Bahasa Inggris Ada yang Broken? Berikut Penjelasan Lengkapnya !!

35

Bahasa Inggris Ada yang Broken? Berikut Penjelasan Lengkapnya !!

Kampung Inggris – Halo para english learner, kali ini kita bakal bahas materi broken english nih. Btw, setiap negara basically butuh bahasa Inggris sebagai bahasa internasional karena berguna banget buat jangka panjang. But, nggak semua negara bisa menerapkan sistem pendidikan dan pelatihan bahasa Inggris secara tepat dan sesuai lho. Nah, hal tersebut terjadi karena faktor belike budaya, aksara nggak mendukung, formalitas bahasa inggris, dan sebagainya

Literally, hal ini sih emang bukan masalah negara aja ya, tapi juga masalah individu. Meskipun beberapa instansi atau lembaga udah wajibin persyaratan skor bahasa Inggris pas melamar kerja, hasilnya ternyata nggak efektif. Apalagi, bahasa inggris saat ini dianggap sebatas bahasa keren dan kekinian saja which is jadi penyebab munculnya kesalahan ucapan dan makna vocab yang disebut broken english, apa itu broken english?

Baca juga : Daftar Vocabularies ala Jaksel yang Bikin Kosakata Kamu Makin Slay

Bahasa Inggris Ada yang Broken? Berikut Penjelasan Lengkapnya !!

Apa Itu Broken English dan Penyebabnya?

You know, kesalahan belajar bahasa Inggris jadi salah satu penyebab munculnya broken english, terutama pada aspek vocab lho. Tiap orang nganggep bahwa buat mempelajari bahasa Inggris dasar maka harus ngafalin vocabulary terlebih dahulu. So, hal tersebut menyebabkan aspek lain yang lebih penting seperti tenses, grammar, idiom, dan sebagainya jadi terlupakan dan malah lebih fokus untuk menghafal vocab saja.

Nah, perlu digarisbawahi nih, kita nggak bilang bahwa vocab merupakan aspek yang nggak penting lho, temen-temen tetap harus mempelajari vocab juga agar mengetahui berbagai kosakata yang ada dalam bahasa Inggris. Tapi, vocab aja nggak cukup bahkan sangat kurang untuk mencapai level menguasai skill bahasa Inggris. So, jangan terburu-buru saat belajar bahasa inggris ya dan pelajari juga aspek pendukung lainnya.

Yah, jangan sampai temen-temen ngerasa malu karena ngucapin bahasa Inggris yang salah hanya dengan modal vocab. But, dalam bahasa Inggris kumpulan vocab yang menjadi sentence belum tentu memiliki makna yang sama dengan asal katanya. Sehingga, hindari menerjemahkan sentences, frasa, atau bahasa inggris per kosakata karena dapat menimbulkan ketidaksesuaian yang disebut dengan broken english.

Nah, apa itu broken english diartikan sebagai bahasa inggris yang nggak sesuai, bahasa inggris yang rusak, atau bahasa inggris yang nggak tepat. Broken english sendiri bisa terjadi saat kamu menerjemahkan bahasa asli ke bahasa inggris dan sebaliknya. So, artikel kali ini kita bakal mengambil example bahasa Indonesia ya supaya lebih gampang dipahami. Berikut salah satu contoh broken english dari bahasa indonesia ke bahasa inggris:

  • Siska: What happen / Siska: Apa yang terjadi (menanyakan keadaan sahabatnya)
  • Tania: No what what / Tania: nggak apa-apa (seharusnya Tania bisa menjawab i’m fine, i’m okay, atau no problem)

Well, berdasarkan contoh broken english di atas, kamu mungkin udah punya sedikit gambaran nih tentang apa itu broken english. Broken english nggak hanya terjadi pada terjemahan dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris aja lho tapi ada beberapa bahasa Inggris ke bahasa Indonesia yang jika diartikan per kosakata bakal punya makna berbeda. So, kamu jangan sampai salah mengucapkan frasa atau sentences hanya dengan modal vocab saja ya.

Baca juga : Mr.Bob Penuh Kesan dan Sulit untuk Dilupakan

Bahasa Inggris Ada yang Broken? Berikut Penjelasan Lengkapnya !!

Penggunaan Broken English dan Faktanya

Actually, Apa itu broken english atau disebut bahasa Inggris yang buruk merupakan versi bahasa Inggris yang non standar. Bahasa Inggris yang buruk bisa mencakup beberapa indikator lho temen-temen seperti urutan kata, struktur kalimat, dan sebagainya. And then, seperti yang udah kita sebutin sebelumnya which is broken english bisa sengaja digunakan buat ngobrol dengan tujuan tertentu misalnya humor atau dalam keadaan darurat lho.

Btw, ada salah satu negara yang dikenal punya bahasa inggris yang rusak secara luas yaitu Nigeria, bahkan Afrika barat dan benua lain di bagian Selatan prefer mengadopsi broken english sebagai bahasa sehari-hari lho. Basically, apa itu broken english dianggap sebagai karakter yang asing dan menunjukkan kurangnya kapasitas dalam kecerdasan linguistik. Tapi, ada beberapa seniman yang menggunakannya sebagai kesan artistik pada karyanya lho.

So, bisa disimpulin bahwa penggunaan broken english faktanya nggak selalu buruk kok. Tapi emang sih, secara ideal bahasa Inggris yang rusak sangat kurang efektif dipake buat berkomunikasi. Yah better sih, teman-teman harus menguasai bahasa Inggris yang baik dan benar supaya valid dengan aturan yang berlaku dalam bahasa inggris. Perlu diingat juga nih, vocabulary emang penting tapi tetap harus disempurnakan dengan aspek lainnya ya..

Baca juga : Mr.Bob Kampung Inggris

Contoh Broken English yang Populer dan Sering Dijadikan Broken English Meme

Fyi, bahasa Inggris emang dianggep keren dan kekinian sih, terkadang juga diplesetin sama sebagian orang jadi meme yang lucu dan menghibur. So, broken english merupakan salah satu bahasa Inggris yang sering dijadikan meme di media sosial buat sekedar lucu-lucuan. Sayangnya nih, adanya broken english meme buat sebagian orang jadi terbiasa pake bahasa inggris yang salah because dianggap sebagai hiburan dan lelucon.

While, koreksi dari apa itu broken english pun terkadang kurang cocok buat sebagian orang di Indonesia karena biasanya idiom dan frasa untuk mengoreksi broken english bakal punya makna yang beda banget. Hal tersebut dikarenakan banyak istilah dari bahasa Indonesia yang kurang cocok sama bahasa Inggris.

Well, pada bagian ini, kita bakal ngasih contoh broken english yang populer dan sering dijadiin broken english meme di media sosial atau internet. Tentu aja contoh-contoh ini nggak buat kamu tiru atau terapkan ya pas lagi ngobrol dalam bahasa Inggris. So, kamu bisa menjadikan referensi contoh kata ini buat gambaran secara garis besar bahwa nggak semua bahasa Inggris bisa diartikan dari setiap kosakatanya begitupun sebaliknya:

  • Sleep police: polisi tidur (istilah yang bener untuk polisi tidur adalah speed bumps)
  • Enter wind: masuk angin (istilah yang tepat untuk masuk angin adalah catching a cold)
  • Fly feces: tahi lalat (istilah yang bener untuk tahi lalat adalah beauty marks)
  • Not a delicious body: nggak enak badan (istilah yang bener untuk nggak enak badan adalah not feeling well atau I’m feeling sick)
  • Love clapping with one hand: cinta bertepuk sebelah tangan (istilah yang bener buat cinta bertepuk sebelah tangan yaitu unrequited love)
  • Don’t near: jangan mendekat (istilah tepat buat jangan mendekat adalah stay away)
  • You go with who?: kamu pergi dengan siapa (istilah yang tepat buat kamu pergi dengan siapa yaitu who did you go with)
  • Don’t be high level: jangan GR (istilah yang tepat untuk jangan GR yaitu don’t be rocky)
  • Go go: maju-maju (istilah yang bener untuk maju-maju yaitu come forward please)
  • Etc. 

Bahasa Inggris Ada yang Broken? Berikut Penjelasan Lengkapnya !!

Baca juga : Ngebet Pengen Ngomong Bahasa Inggris? Pake 5 Frasa Ini !

Penutup

Nah, sekian dulu ya artikel yang bisa kita rangkum pada kesempatan kali ini tentang apa itu broken english lengkap dengan penggunaan dan contohnya. Semoga informasi yang kita sajikan dapat menambah wawasan tentang english structure dan aspek penting lainnya saat belajar bahasa Inggris ya.

Kesimpulannya, temen-temen harus inget nih bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa yang cukup kompleks sehingga kamu nggak bisa langsung fasih berbahasa Inggris hanya dengan bermodalkan vocab atau kosakata aja. Bahkan, dalam bahasa Inggris juga ada idiom lho yang merupakan ungkapan ciri khas dan nggak bisa dijelasin secara gramatis.

Leave A Reply

Your email address will not be published.